Desa Dupok Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

KECAMATAN KOKOP, BANGKALAN

Sabtu, 27 Januari 2018

KKN 48 Galakkan Penghjauan Mini Sentral


KKN 48 Galakkan Penghjauan Mini Sentral Demi Lingkungan Lestari


 

Dupok – salah satu desa yang menjadi tempat dillaksanakannya KKN UTM tahun 2017/2018. Kelompok KKN yang ditugaskan di desa ini adalah kelompok KKN 48. Program kerja utama yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 48 dalam bidang sosial, yaitu penghijauan mini sentral. Penghijauan merupakan salah satu usaha untuk mensosialisasikan kepada warga tentang bagaimana pentingnya menjaga lingkungan agar tetap hijau dan banyak ditumbuhi oleh tumbuhan yang berguna bagi kelangsungan hidup masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan tema KKN 48 yaitu The Green of Clean, artinya mewujudkan lingkungan hijau yang bersih.
14 Januari 2018, menjadi langkah awal bagi KKN 48 untuk menggalakkan proker utama ini. Bentuk kegiatan dalam pelaksanaan program ini adalah menanam bibit pohon mahoni, akasia, dan bunga pucuk merah di tempat-tempat sentral yang terdapat di desa Dupok Kecamatan Kokop, misalnya di sekolah, KUA, UPTD, dan lain sebagainya. Bibit mahoni dan akasia diperoleh dari kerjasama dengan dinas kehutanan kabupaten Bangkalan. Sedangkan bibit pucuk merah merupakan solusi pengganti bagi tempat-tempat sentral yang tidak mempunyai lahan untuk ditanami pohon mahoni dan akasia.
Program penghijauan mini sentral ini bertujuan mengelola tata ruang air dan mewujudkan kampung The Green of Clean di desa Dupok Kecamatan Kokop. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi desa yang terkesan gersang (tidak terdapat tanaman), khususnya di tempat-tempat sentral. Maka dari itu, penghijauan ini sangat diperlukan untuk menambah keasrian dan keindahan lingkungan sekitar. Kegiatan ini pun dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari warga masyarakat beserta perangkat desa Dupok. Tanggal 26 Januari pun menjadi akhir dari pelaksanaan program ini.






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Sumber Daya Alam

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Follow by Email